by

Banda : Menunggu Hasil Leb, Pasien 01 Positif Covid-19 Bursel Membaik

Namrole, – Sejak dilakukan karantina dan mendapatkan perawatan medis di ruang isolasi Rumah Sakit (RS) Angkatan Laut FX. Suhardjo Lantamal IX Halong Ambon. Kabar baik datang dari pasien positif -01 Buru Selatan (Bursel) berinisial S.B.

Dimana per 6 Mei ini, kondisi pasien positif tersebut berangsur – angsur membaik setelah dilakukan isolasi tahap pertama kemarin. Kita tinggal menunggu hasil uji spesimen tahap dua pasien 01 Bursel dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) dijakarta, untuk memastikan sembuh secara total dari virus mematikan ini.

Keterangan tersebut di sampaikan oleh Kadis Kesehatan Bursel, Ibrahim Banda,  kepada media ini Rabu,  (6/5/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Bursel ini menyampaikan pasien 01 setelah dipantau dan diperiksa menunjukkan perkembangan kesehatan umumnya sudah sangat membaik. Hanya saja menunggu hasil swab dari laboratorium di Jakarta untuk memastikan S.B sembuh total dan bisa pulang ke rumah untuk berkumpul dengan keluarga dikampung halamannnya.

Banda menjelaskan, pasien 01 Bursel sudah diisolasi dengan masa isolasi pertama sudah selesai dijalankan. Selanjutnya dilakukan isolasi yang ke Dua selama 14 hari dengan menunggu hasil swab yang Kedua. “Kalau protap kesehatan, kalau sudah negatif yang pertama, kita akan menunggu lagi 10 sampai dengan 14 hari kedua untuk melakukan pemeriksan kembali,” ucap Banda.

Sementara ini kita tetap menunggu hasil uji spesimen tahap Dua untuk pasien 01 dari Laboratorium Kesehatan (Labkes) dijakarta. Banda mengaku sedikit mengalami keterlambatan terkait hasil Sweb yang telah dikirim ke Leb.

Sebab Balai Teknik Kesehatan Lingkungan (BTKL) Ambon itu ternyata punya Tiga  Propinsi yaitu, Maluku, Maluku Utara dan Papua sehingga banyak sweb yang di periksa dan dikirim.

Kata Banda, nanti setelah hasil lebnya keluar Gugus Tugas penanganan Covid-19 tingkat Propinsi dan Kabupaten juga akan mengumumkan kesembuhan pasien secara langsung lewat konferensi Pers. Sehinga bisa diketahui secara langsung oleh Masyarakat.

“Selain itu, kita juga akan memperkuat kesembuhan pasien dengan surat resmi lewat hasil pemeriksaan. Sehingga hubungan sosial kemasyarakatan pasien dengan masyarakat sekitar semakin baik, dan tidak menimbulkan kecamasan dimasyarakat saat pasien keluar nantinya, ” tutup Banda. (LM -02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *