by

Covid Melejit, 17 Warga Bursel Positif

Lensa Maluku,- Saat ini Angka terkonfirmasi positif Covid19 untuk kabupaten Buru Selatan (Bursel) melambung pesat.

Terhitung sampai tanggal 15 Februari, sudah 17 orang yang terkonfirmasi Covid19.

“Jadi data kita sampai tanggal 15 Februari itu 17 orang yang terkonfirmasi positif Covid19. 3 orang dari 17 ini diperiksa di Faskes luar Bursel ada dari Dokter Latumeten, dan dari klinik Medika. Namun ketiganya sudah dirawat isoman di Ambon dan 14 sisanya di Kabupaten Bursel,” ucap Plt Kepala Dinas Kesehatan Bursel, Wa Jeny kepada wartawan diruang kerjanya, Rabu (16/2/22).

Kadis menjelaskan, mereka semua ada yang terkonfirmasi adalah orang tampa gejala dan gejala ringan sehingga tidak ada yang di rawat di RSUD dr Salim Alkatiri – Namrole.

“Semua isoman di rumah dan terus di monitoring oleh petugas kesehatan puskesmas yang memiliki wilayah kerja,” terangnya.

Lanjut Kadis, dari 14 itu, 13 murni dari kecamatan Namrole dan 1 dari Leksula.

“Kalau Leksula ini dia pelaku perjalanan,” ungkapnya.

Dia juga bersyukur saat ini banyak masyarakat sudah paham bagaimana jika memiliki gejala-gejala yang mengarah ke Covid19.

“Alhamdulilah saat ini kalau ada yang bergejala banyak yang welcome, artinya mereka sendiri melaporkan diri dan menginfokan kondisi yang mereka alami. Ini karena pemahaman di masyarakat sudah baik dan mereka akhirnya bisa menjalani isoman juga dengan baik,” tuturnya.

Ia menambahkan, dari 14 orang yang berada di Bursel 3 diantaranya adalah tenaga kesehatan.

“Tenaga kesehatannya 3 orang sisanya masyarakat biasa dan ASN. Mereka ini bergejala seperti pegal-pegal dan pilek. Kita sudah kasih obat dan mereka lakukan isoman di rumah” terangnya.

Dalam rangka mengantisipasi jangan sampai ada yang bergejala berat dan perlu di isolasi di RSUD, pihaknya sudah siap baik dari kamar isolasi, tenaga maupun obat-obatan.

“Ruang isolasi di RSUD Namrole itu ada 10 tempat tidur dan tenaga dari RSUD. Semua Satgas juga mengawasi semua pasien Covid ini. Kalau yang terkonfirmasi itu saat positif langsung diberikan obat, kalau untuk jangka waktu isoman sesuai pedoman itu 10 hari, tapi kontrol dan pemeriksaan itu di hari ke tujuh,” tambanya.

Kendati tidak menyebutkan warga desa mana yang terkonfirmasi positif, namun ia sangat berharap bagi semua masyarakat Bursel baik yang melakukan perjalanan maupun tidak untuk tetap disiplin menerapkan prokes kesehatan terutama memakai masker.

“Prokes bukan hal baru, maka dengan kondisi ini, dimana Bursel sudah berada di zona Kuning dengan level dua, maka masyarakat harus sadar dan disiplin dalam menerapkan prokes. Itu yang terpenting,” pungkasnya.(LM-03)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *