by

Desa Simi Waesama Bursel Masuk Zona Merah Corona, Bupati Bursel Imbau Warga Lebih Waspada

Lensa Maluku, – Bupati Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Tagop S Soulisa menyebut Desa Simi Kecamatan Waesama, Bursel, saat ini telah menjadi salah satu zona merah Wilayah terpapar Virus Corona (Covid-19) lewat pasien 01 berdasarkan hasil PCR dan Rapid Tes.

Dalam kunjungan di Desa tersebut, Orang Nomor Satu di daerah ini meminta warga agar lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran virus Covid-19. Karena penyebaran Virus ini sangat cepat.

Tagop berharap kepada Masyarakat untuk tetap tenang dan jangan sampai panik, namun selau waspada dengan melakukan pembatasan fisik (physical distancing), meski tidak memiliki gejala sakit.

Lanjutnya, selalu mematuhi anjuran-anjuran dari pemerintah, seperti tetap beraktivitas di rumah, menggunakan masker ketika keluar rumah, rutin mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan. Masyarakat juga diminta untuk tidak pulang ke kampung halaman selama pandemi.

Selain memberikan edukasi dan sosialiasi terkait pencegahan Covid-19, Bupati bersama Ketua DPRD Bursel, Muhajir Bahta, Anggota DPRD, Kepala Kemenag  Bursel, Usman Bahta dan  Tim Gugus juga membagikan masker gratis  kepada Masyarakat setempat, melakukan penyemprotan disinfektan dan isolasi terhadap orang-orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien Covid 01 Bursel.

Tagop menambahkan, saat ini untuk langkah-langkah lanjutan dari pemerintah daerah dimana pihaknya akan memberikan bantuan stimulan kepada Masyarakat/keluarga yang terkena dampak virus covid-19. “Bantuan stimulun seperti, sembako kepada keluarga yang terkena dampak dari wabah pandemik tersebut, “tuturnya.

Tagop menuturkan sebagai langkah pencegahan juga, kurang lebih 20 ribu lembar masker akan segera dibagikan kepada masyarakat buru selatan, sebelumnya juga telah dibagikan kepada Maayarakat yang ada dipusat kota namrole kemarin.

Usai mengunjungi Desa Simi, Tagop kembali melanjutkan perjalanan untuk memantau pos penjagaan yang berlokasi dipegunungan Moden Mohe yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Buru dan Kabupaten Buru Selatan.

Jarak yang ditempuh untuk berada dipos itu dari TKP Desa Simi/Pusat kota Namrole kurang lebih Puluhan Kilometer.

Sebagai penutup, Tagop menyebutkan saat ini daerah Maluku yang masuk daerah terpapar Covid-19 yakni Kabupaten Buru Selatan, Kabupaten Buru, Kota Ambon, Seram Bagian Barat (SBB) dan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).  (LM- 02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *