by

GRANAT Akan Usulkan Tes Urine Pejabat Bursel

Lensa Maluku,-DPC Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) Kabupaten Buru Selatan akan mengusulkan kepada Bupati Safitri Malik Soulisa untuk melakukan tes urine ASN dan pejabat.

Rencana usulan ini menyusul adanya dugaan sejumlah oknum pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) doyan memakai narkoba.

“Dalam waktu dekat akan ada langkah-langkah konkrit yang diambil oleh DPC Buru Selatan mengeksekusi tes urine di kalangan pejabat,” ujar Ketua DPC GRANAT Bursel Lutfi Latupono, saat Safari Ramadhan DPD GRANAT Provinsi Maluku dan acara buka puasa bersama DPC GRANAT Kabupaten Bursel yang berlangsung di Kafe Galaksi, Kota Namrole, Sabtu (9/4/2022).

Latupono mengakui ada indikasi beberapa oknum pejabat menjadi pemakai narkoba. Namun ia enggan menyebutkan identitas mereka.

Latupono akan berkoordinasi dengan Bupati agar melakukan tes urine ASN dan pejabat Bursel.

Safari Ramadhan 1443 Hijrah DPD GRANAT Provinsi Maluku di bawah komando Yani Salampessy di Kabupaten Bursel berlangsung dalam suasana kekeluargaan.

“Ini rangkaian dari program DPD GRANAT Maluku untuk sambangi semua DPC di Provinsi Maluku dalam rangka konsolidasi lagi organisasi untuk mempatenkan lagi di semua kabupaten kota,” ujarnya.

Lanjut Salampessy, dalam waktu dekat akan ada Musyawarah Nasional GRANAT. Terkait hal itu, DPD GRANAT melakukan silaturahmi dengan DPC GRANAT Bursel.

Sesuai rencana, DPC GRANAT Kabupaten Bursel akan dilantik setelah Idul Fitri.

“Agenda pelantikan tertunda beberapa kali. Sebelum pelaksanaannya digelar, DPD datang untuk bertatap muka langsung dengan kader-kadernya,” ujar Salampessy.

Silaturahmi ini dikemas dalam berbuka puasa bersama, dengan harapan DPC GRANAT Bursel kedepan bisa eksis.

Lanjut Ketua Partai Berkarya Provinsi Maluku ini, yang paling terpenting adalah meyakinkan DPC Bursel bahwa agenda pelantikan akan digelar pasca Idul Fitri.

Tentang waktu pelantikan, Salampessy mengatakan DPC GRANAT Bursel dan DPD GRANAT Maluku akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk menggandeng Lantamal TNI AL IX Ambon dalam program pencegahan narkoba dan vaksinasi Covid-19 di Bursel.

“Prinsipnya habis Lebaran pelantikan DPC GRANAT Buru Selatan akan digelar,” tandasnya.

Salampessy mengungkapkan Provinsi Maluku masuk 10 besar pemakai dan pengedaran narkoba. Bursel termasuk kabupaten yang cukup rawan pemakai narkoba.

Ia mengaku pihaknya telah menerima informasi soal ada indikasi beberapa pejabat di Pemda Bursel menjadi pemakai narkoba. Namun tentu harus ada pembuktian atas dugaan tersebut.

Hal ini kata dia, menjadi perhatian serius DPC GRANAT bersama BNN Bursel untuk menindaklanjuti informasi itu.

“Tentu eksekutornya ada di DPC GRANAT Buru Selatan. Pengamanan proses hukumnya kalau bisa dibuktikan secara fakta maka prosesnya akan dikawal oleh DPD GRANAT Maluku,” tandasnya.

Ia mengatakan, DPC GRANAT harus mendorong Bupati untuk melakukan tes urine kepada seluruh ASN termasuk pejabat di lingkup Pemkab Bursel.

“Ini sangat penting sekali untuk memastikan keterlibatan oknum-oknum tersebut terkait ada dalam pusaran bahaya narkoba,” tandas Salampessy.

Menurutnya pemeriksaan urine dapat menekan peredaran narkoba di Maluku secara umum dan lebih khusus di Bursel.

“DPC GRANAT Buru Selatan yang akan mengeksekusi pengusulan kapan pemeriksaan urine dilakukan,” ujarnya

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *