by

Istri Wabup Bursel Dinobatkan Sebagai Ina Duta Parenting Bursel

Lensa Maluku,- Ketua tim penggerak PKK Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Cornelia (Nel) Selsily, Istri Wakil Bupati dinobatkan sebagai Ina Duta Parenting oleh Ketua Ina Duta Parenting Maluku Widya Pratiwi Murad Ismail.

Kegiatan itu berlangsung di Gedung Serbaguna Namrole, Kamis 11/11 2021.

Widya Pratiwi Murad dalam sambutannya mengatakan,Di tahun 2019 kemarin saya sudah mengunjungi Tiga Kabupaten Lokus stunting di Maluku diantaranya, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Maluku Barat Daya (MBD) dan Kabupaten Kepulawan Aru dan hari ini di Bursel.

Dengan dikukuhkan Ina Parenting Kabupaten Bursel Kata Widya, artinya Ibu sebagai penggerak utama memberantas persoalan Stunting di Bursel.

Stunting adalah sebuah kondisi di mana tinggi badan seseorang jauh lebih pendek dibandingkan tinggi badan orang seusianya.

Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi kronis sejak bayi dalam kandungan hingga masa awal anak lahir yang biasanya tampak setelah anak berusia dua tahun

Untuk itu Ajak Widya, masing masing sektor dan seluruh pemangku kepentingan diharapkan memainkan peranan untuk memutuskan persoalan Stunting dari anak- anak kita di daerah Maluku, terkhusus Bursel ini.

“Program penanganan stunting perlu menjadi prioritas, sebab akan memengaruhi kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nantinya, kita wajib memutuskan persoalan Stunting ,” tandas Widya Murad.

Sementara itu, Bupati Bursel, Hj Safitri Malik Soulisa menjelaskan, Stunting merupakan suatu kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan fisik dan otak yang terjadi pada 1000 hari pertama kehidupan menjadi penting, karena sangat menentukan masa depan anak tersebut.

Anak yang menderita stunting Kata Bupati, pada masa dewasa akan resiko mengalami sebagai jenis penyakit seperti Hipertensi, Diabetes, Penyakit jantung dan lain sebagainya, bahkan stunting dapat mempengaruhi pada produktifitas dan kualitas SDM dimasa akan datang” kata Bupati.

Menurut Hj Safitri, Keputusan Kementrian perencanaan pembangunan nasional/Kepala Bapenas nomor Kep 10/ M.PPN/HK/02, Bursel kemudian ditetapkan sebagai Lokasi Fokus (Lokus) tahun 2022 untuk penurunan stunting bersama dengan 153 Kabupaten Kota yang lain dalam wilayah Promal.

Kata Safitri, semangat yang sama pun telah Kami kobarkan semenjak kami Berdua, pak Gerson dan Saya dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2021-2026 dengan program “ Daerah Bursel kase turun Stunting.(LM-02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *