by

ODP Covid-19 di Bursel Bertambah Menjadi 5 Orang

Lensa Maluku, – Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buru Selatan (Bursel) merilis data terbaru, yang menyebutkan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19  di daerah Bursel kini sudah bertambah mencapai 5 orang.

Kadis kesehatan Bursel, Ibrahim Banda, setelah dikonfirmasi ulang menyebutkan adanya penambahan 3 ODP Covid-19 dari hari sebelumnya, yang hanya berjumlah 2 orang  berinisial (A) dan (S.H).

Dia menuturkan, pada senin (30/3) terkonfirmasi ulang pada jam 21.00 WIT dari petugas kesehatan dan pihak RSUD,  dimana jumlah ODP Bursel bertambah menjadi 5 orang, dan datanya telah dikirim ke Tim Covid-19 Propinsi Maluku tanpa terlebih dulu dikasitau kepada dirinya.

“Saya baru saja dikasi tau oleh tim kesehatan padahal saya sudah terlanjur kasi info kepada media tadi siang, bahwa hanya Dua orang yang baru  terindikasi ODP dan belum ada penambahan, ” tutur Kadis Kesehatan Bursel, Ibrahim Banda ketika dikonfirmasi ulang media ini.

Banda menyebutkan, Info terakhir ada penambahan 3 orang ODP, setelah didata/diperiksa oleh Tim dan pihak RSUD. Pasien ODP diantaranya, berinisial (J), (HW), (J.H)

Kata Banda, sesuai  data yang dilaporkan oleh Tim kesehatan, pasien berinisial (J) umur 47 Tahun tersebut beralamat di Desa Oki Baru, yang bersangkutan baru beberapa hari datang dari Batam – Jakarta – Ambon – Namlea- Namrole, dan mengalami gejala Flu dan batuk disertai demam.

Pasien selanjutnya, berinisial H. W, (22 Tahun) beralamat di Desa Labuang, yang bersangkutan baru saja beberapa hari datang dari, Ambon – Namlea – Namrole dan mengalami batuk, Flu dan demam.

Pasien berikutnya, berinisial  J. H (28 Tahun) beralamat di Desa Elfule,  yang bersangkutan baru saja beberapa hari datang dari, Ambon dan mengalami, batuk, Flu dan demam.

Ia mengatakan masyarakat yang datang dari luar daerah yang masuk zona penyebaran virus corona (Covid-19) dan mengalami gejala, otomatis menjadi ODP.

Adapun langkah yang diambil oleh Tim dan RSUD Namrole, kata Banda, Mereka akan dipantau selama 14 hari untuk melihat perkembangan kesehatannya. Para ODP ini menjalani karantina/Isolasi mandiri dirumah masing – masing dan dalam pantauan Tim TGPP dan pihak RSUD.

Sementara itu, kondisi dua Orang Dalam Pemantauan (ODP) berinisial (A) dan (S.H) setelah di karantina/diisolasi mandiri di rumah, perlahan -lahan mulai membaik setelah dipastikan oleh tim kesehatan RSUD Namrole dan Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP).

Selain itu menurutnya, Isolasi diri bukan hukuman, tetapi cara agar orang sakit dapat sembuh dan tidak menulari orang lain.

Sebagai langkah pencegahan penyebaran virus Corona yang semakin meningkat saat ini, Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop S Soulisa telah mengeluarkan Instruksi menutup sementara seluruh jalur pintu masuk dan keluar Wilayah Kabupaten Bursel.

Untuk kedatangan orang dari luar daerah, dirinya mengaku ada juga yang berhasil melewati pos dan masuk ke Bursel. Mereka yang berhasil masuk dan melewati pos ini, kebanyakan mahasiswa dan pelaku-pelaku perjalanan namun sudah disikapi cepat oleh Tim GTPP didaerah dengan karantina/Isolasi mandiri dirumah masing – masing.

Pada kesempatan ini Banda menghimbau agar masyarakat tidak panik dan terus mematuhi semua himbauan dan larangan yang sudah disampaikan oleh pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun TNI / Polri demi mencega penyebaran Virus mematikan ini.  (LM -01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *