by

Pemkab Bursel Launching Aplikasi Sistim Informasi Manajemen Desa 2019.

Namrole , Lensa Maluku – Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Anak dan Perempuan Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar acara Launching Aplikasi Sistim Informasi Manajemen Desa 2019.

Kegiatan ini berlangsung di ruang Aula Kantor Bupati Bursel, Jumat (05/04).

Acara Launching itu turut dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Buru Selatan (Bursel), AM Laitupa dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Anak dan Perempuan Kabupaten Bursel, David Seleky.

Pejabat Sekretaris Daerah saat membacakan sambutan Bupati Bursel, Tagop Sudarsono Soulissa mengatakan di era globalisasi yang ditandai dengan kemajuan teknologi dan informasi komunikasi, masyarakat mengharapkan pelayanan cepat, tepat dan transparan.

Kondisi ini, lanjutnya, menjadi tantangan bagi seluruh instansi tak terkecuali pemerintah desa.

“Program aplikasi pendataan desa merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat serta tuntutan masyarakat yang tinggi, sehingga pemerintah harus dapat menyiapkan layanan internal maupun eksternal terhadap akses data di desa,” katanya.

Menurutnya, aplikasi ini diterapkan dalam rangka mewujudkan transparansi, efektifitas, efisiensi dan akuntabilitas pendataan desa.

Dimana, katanya lagi, hal paling utama adalah terkait dengan tata kelola pemerintahan desa serta data perkembangan kemajuan desa mulai dari tingkat kemiskinan hingga kesejahteraan yang terukur.

“Terhadap tantangan pelayanan pemerintah desa dan dalam melaksanakan komitmen pembangunan di desa, aplikasi pendataan desa ini, mudah-mudahan dapat menjadi solusi yang memperkuat kapasitas desa serta merubah pola-pola sistim pelayanan yang masih beroreantasi klasik ke pola yang beroreantasi progresif futuristik, yang sesuai dengan perkembangn zaman,” ucapnya.

Olehnya itu, Kepada seluruh perangkat desa yang mengikuti kegiatan ini Ia berharap dapat mengimplementasikan aplikasi ini dengan baik di desa masing-masing.

“Bagi Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Pemberdayaan Anak dan Perempuan, yang telah berupaya menghadirkan apliksi ini saya sampaikan terima kasih dan semoga kerja keras kita akan menjadi inspirasi untuk terus memajukan daerah ini,” tuturnya. (LM-01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *