by

Pemkab Bursel Launching SMS Lapor bagi Masyarakat di Daerah.

Namrole, Lensa Maluku – Pemeritah Kabupaten Buru Selatan (Bursel) melalui Bagian Humas Setda Kabupaten Bursel meluncurkan layananShort Message Service(SMS) pengaduan bagi masyarakat Bursel untuk melapor kebutuhan program di daerah.

Program SMS Lapor ini diprakasai oleh Kabag Humas Bursel Laurens Solissa dan merupakan implementasi program inovasi perubahan pada Diklat PIM III yang sementara diikutinya.

Bupati Bursel Tagop Sudarsono Soulissa saat melaunching program tersebut mengaku berterima kasih atas invosi yang telah diberikan Kabag Humas dan telah berani mengambil tanggung jawab besar dalam membantu Pemda Bursel untuk menatakelola sistem pemerintah yang ada saat ini.

“Sebagai kepala daerah, saya memberikan apresiasi yang besar kepada saudara Laurens Solissa dimana dalam program Pim III yang sedang dijalaninya mampu menciptakan inovasi dalam program kreatif berupa SMS Lapor dan tentunya program ini diharapkan bisa diimplementasikan sehingga dapat membantu pemerintah Bursel dalam membangun interaksi sosial dengan masyarakat,” ujar Tagop.

Dikatakan Tagop, dengan menghadirkan layanan publik berbasis SMS yang responsif dan bermanfaat dalam membangun interaksi masyarakat adalah bagian dari invotif dan kreasi positif yang perlu dikembangkan.

“Program ini dalam membangun hubungan interaksi dengan masyarakat sangatlah baik, hanya saja program ini harus ditangani dan dikelola oleh petugas yang bisa dan mampu menjawab apa yang menjadi laporan masyarakat,” paparnya.

“Inovasi seperti ini adalah sebuah langkah maju walaupun masih berbasis SMS, dan kedepan nantinya akan dilakukan juga untuk penyusunan semua laporan dan administrasi akan dibuat dalam bentuk program seperti yang saat ini kita gunakan yakni Simda dan E Plning,” terangnya.

Dirinya juga menganjurkan kepada Kabag Humas agar dalam mengawasi program SMS Lapor supaya tidak disalahgunakan, maka harus berkerja sama dengan Polres Pulau Buru dalam hal ini Tem Cyber Crime Polres Pulau Buru.

Tagop berharap, program SMS Lapor dapat berguna bagi kemaslahatan masyarakat di Bursel.

Kabag Humas Bursel Laurens Solissa sebagai Reformer (pembuat perubahan) program SMS Lapor kepada wartawan mangatakan, jika ada yang ingin dilaporkan masyarakat dapat mengirim SMS langsung ke nomor 0811470404 dan akan dievalusi dan diteruskan kepada instansi terkait.

Ditambahkan, SMS Lapor tidak melayani SMS dalam bentuk Gambar atau Audio karena akan sulit diteruskan, tetapi SMS Lapor hanya berlaku untuk SMS dalam bentuk kata-kata (text) dan bagi pengiri SMS Lapor harus mencantumkan nama pengirim dan alamatnya.

“SMS Lapor sesuai SOP kami itu hanya melayani SMS dalam bentuk kata-kata, dan untuk tarif sekali sms disesuaikan dengan provider di lakoasi atau daerah masing-masing. Misalnya di Maluku pasti tarifnya beda dengan di Makassar atau Jawa. Jadi bagi masyarakat yang ingin melapor bisa langsung SMS ke 0811470404,” pungkasnya. (LM-01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *