by

Tempat Wisata di Buru Selatan

Lensa Maluku,- Pesona dan daya tarik wisata yang ada di Kabupaten Buru Selatan dapat dikatakan tidak kalah dengan beberapa daerah lain yang ada di Indonesia.

Daerah Buru Selatan berada di Provinsi Maluku yang menawarkan panorama alam yang indah. Terlebih lagi dengan berbagai macam aneka flora dan fauna, seni budaya dan juga ragam hayati yang ada di daerah ini.

Keindahan yang sangat natural menjadikan tempat-tempat yang ada di daerah ini bagaikan surga dunia yang wajib untuk didatangi ketika berlibur.

Meskipun banyak tempat yang belum terjamah, namun masyarakat di sekitar serta pemerintah telah melakukan pengelolaan dengan baik. Sehingga kapan pun dapat didatangi oleh para wisatawan yang ingin melihat bagaimana keindahan destinasi wisata di sana.

Bagi Anda yang berniat datang ke Buru Selatan, berikut daftar tempat wisata hits di Buru Selatan yang bisa Anda jelajahi.

1. Pantai Wamsoba

Salah satu wisata yang ada di Kabupaten Buru Selatan adalah Pantai Wamsoba yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai Wamsoba adalah salah satu destinasi wisata yang menawarkan keindahan pantai dengan adanya hamparan pasir putih bersih serta memiliki air laut yang memiliki warna jernih kebiru-biruan.

Dapat dikatakan jika wisata yang satu ini adalah wisata yang sangat alami dan masih sepi, jadi sangat cocok jika digunakan sebagai tempat bersantai untuk menghilangkan penat. Terlebih lagi sembari melihat pemandangan pulau yang ada di sekitar area pantai, yang akan menambah kesan menenangkan ketika berlibur ke Pantai Wamsoba.

Selain itu, pantai ini menjadi tempat yang paling cocok untuk menikmati panorama sunset. Kemudian Anda beserta rombongan juga bisa menikmati bagaimana indahnya pemandangan alam bawah laut yang ada di pantai tersebut.

2. Pulau Tomoho

Pulau Tomoho masuk kedalam jajaran pulau indah yang ada di negara Indonesia. Jika datang ke tempat ini dijamin Anda tidak akan kecewa sebab para pengunjung bisa menjelajahi seluruh area yang ada di Pulau Tomoho. Untuk bisa datang ke sana, tentu harus menggunakan perahu kecil/ speedboat untuk bisa mencapai pulau tersebut.

3. Pulau Oki


Wisata terbaik yang ada di Kabupaten Buru Selatan selanjutnya adalah Pulau Oki, yang bisa dijelajahi oleh wisatawan. Pulau ini sangat dekat dengan beberapa wisata seperti pantai. Bahkan destinasi ini memiliki panorama yang sangat indah dan juga mempesona.

Pulau ini jika dari pantai Wali memiliki jarak sekitar 1 mil. Di pulau inilah ada juga bisa melakukan kegiatan menyelam, karena memang menjadi titik awal untuk menyelam.

Ketika menyelam Anda akan menemukan banyak sekali keindahan biota laut dan juga terumbu karang. Tak heran jika Pulau Oki cukup menarik untuk dijelajahi.

Lokasi: Desa Oki Lama, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

4. Air Babunyi

Destinasi wisata berikut ini memiliki nama Air Babunyi, namun warga sekitar kerap kali menyebutnya dengan nama wae gogon. bisa dikatakan jika destinasi ini cukup menarik di Kabupaten Buru Selatan, sehingga ketika berlibur ke sana wajib untuk berkunjung.

Menurut sejarah yang dipercayai oleh penduduk setempat, destinasi wisata yang satu ini dijaga oleh seorang putri muda. Sehingga, warga setempat juga menganggap jika wisata air babunyi merupakan tempat yang cukup sakral.

Lokasi dari peta tersebut hanya berjarak 500 meter saja dari Leksula. Yang mana ketika ingin kesana bisa menggunakan speed boat yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Dan Anda hanya perlu membayar biaya sewa yang cukup terjangkau.

Lokasi: Leksula, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

5. Pantai Wali

Wisata pantai wali juga menjadi salah satu destinasi yang tidak pernah sepi oleh pengunjung. Bukan hanya hari weekend saja namun pada hari weekday juga selalu dikunjungi oleh wisatawan. Destinasi wisata yang satu ini bukan hanya menarik minat para masyarakat biasa, namun para pegawai pemerintahan Kabupaten juga sangat suka datang ke tempat ini.

Wisata pantai wane sangat cocok digunakan menjadi tempat untuk bersantai sembari melihat pemandangan. Karena di area pinggir pantai terdapat beberapa gazebo, yang secara bebas dapat digunakan para pengunjung untuk beristirahat sejenak sambil menikmati minuman dan aneka makanan yang disajikan di tempat Wisata ini

Lokasi: Wali, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

6. Wisata Air Jin

Destinasi wisata air jin yang pada tahun 2017 dinominasikan menjadi destinasi wisata unik terpopuler.

Acara tersebut diselenggarakan oleh kemenpora dalam acara anugerah pesona Indonesia pada tahun 2017. Tentunya destinasi wisata ini sangat patut untuk dijelajahi?

Destinasi wisata ini jika dari Pulau Tomoho hanya berjarak 200 meter saja. Dan untuk bisa datang ke destinasi wisata air dingin hanya perlu menggunakan perahu tradisional ataupun speed boat yang ada di area penyewaan.

Keunikan yang dimiliki oleh wisata air jin yakni para pengunjung bisa menyaksikan sumber airnya keluar dari batu karang yang memiliki lubang. Posisinya berada di kaki Gunung Kepala Madan. Menurut mitos yang beredar di tengah masyarakat, jika air tersebut dilindungi oleh 3 orang putri yang konon katanya mereka sudah hidup di Gunung Kepala Madan sebelum adanya pemukiman warga di sana.

Lokasi: Kab. Buru Selatan, Maluku.

7. Pantai Leksula

Destinasi wisata yang berada di Kabupaten Buru Selatan adalah pantai leksula yang masuk kedalam wisata terbaik nomor 5 di kabupaten tersebut. Jadi ketika berlibur ke Maluku, akan sangat sayang jika tidak memutuskan berkunjung ke pantai tersebut.

Pantai yang satu ini masih sangat alami dengan adanya hamparan pasir berwarna putih. Bahkan pasir yang ada di pantai tersebut sangat halus dan juga bersih sehingga sangat pas jika dijadikan sebagai destinasi berlibur bersama keluarga.

Terlebih lagi dengan kondisi air laut pantai ini cukup jernih. Dan warnanya juga sangat indah yaitu berwarna hijau kebiru-biruan.

Dengan kondisi pantai yang cukup landai dan juga lebar, yang mana bisa membuat para pengunjung bersantai di tepi pantai. Bahkan para pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam aktivitas lain. Contohnya saja seperti snorkeling, berenang dan juga diving. Bahkan para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas yang hanya sekedar berjemur di bawah sinar matahari.

Tentunya aktivitas berjemur akan semakin menyenangkan karena bisa melihat keindahan gunung yang berada di sekitar area pantai. Yang di sekitarnya diselimuti oleh awan putih.

Lokasi: Leksula, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

8. Danau Rana

Untuk yang selanjutnya merupakan destinasi wisata Danau yang bertempatkan di Pulau Buru Selatan. Objek yang satu ini cukup menarik minat dikarenakan berada di area pedalaman pulau. Yang jika dari desa akan menempuh perjalanan kurang lebih 63 km.

Selain itu, ketinggian yang dimiliki untuk bisa mencapai danau adalah 700 m dari permukaan laut. Sedangkan untuk Danau Rana menjadi danau yang paling besar di Provinsi Maluku.

Lokasi: Wamlana, Kec. Teluk Kaiely, Kab. Buru, Maluku.

9. Pantai Masnana

Wisata yang bertempatkan di Dusun Masnana terdapat salah satu destinasi wisata yang bernama Pantai Masnana. Destinasi wisata ini diberikan nama sesuai dengan dusunnya. sehingga akan memudahkan para wisatawan jika berniat untuk berlibur ke sana.

Sebelumnya nama dari dusun ini adalah Bohi yang memiliki arti hilir ataupun bawah. Kemudian atas pertimbangan dari para tetua adat setempat, pada akhirnya nama dusun telah diganti Masnana.

Pantai yang ada di Dusun tersebut memang sangat cocok jika didatangi bersama dengan teman ataupun sahabat. Seperti pantai ini ada bisa melakukan banyak sekali aktivitas, dimulai dengan berjemur, melakukan diving, melakukan snorkling, berenang bahkan sampai menjelajahi kuliner yang ada di sekitar pantai.

Lokasi: Labuang, Kec. Namrole, Kab. Buru Selatan, Maluku.

10. Air Terjun Modanmohe

Untuk yang terakhir merupakan air terjun yang masih terjaga kealamiannya. Sumber dari air terjunnya ini masih ditutupi dengan pepohonan yang sangat rindang. Sehingga cahaya masuk juga cukup terbatas.

Air terjun yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang suka menjelajah. Dan Anda akan menemukan pemandangan yang sangat indah karena dengan sumber cahaya yang cukup terbatas tersebut akan menjadikan air terjun seperti hidden paradise.

Itulah beberapa tempat wisata di Kabupaten Buru Selatan yang bisa menjadi referensi tujuan terbaik Anda. (***)

 

 

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *