by

Bupati Bursel Tinjau Kesiapan Ruang Isolasi Covid-19 di RSUD Namrole

Lensa Maluku,- Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop Soulisa mengecek kesiapan dan kelengkapan fasilitas ruang isolasi Covid-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Namrole pada Selasa (31/3/2020).

“Hari ini kami melihat langsung kesiapan dan kelengkapan fasilitas ruang isolasi,” Tutur Bupati Bursel.

Dia menerangkan, pengecekan kelengkapan fasilitas ruang isolasi tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi jika ada pasien dalam pengawasan/positif Corona,  bisa segara ditempatkan diruang tersebut.

Dalam peninjauan ruang isolasi, Bupati Bursel tampak berkoordinasi dengan Kadis Kesehatan, Ibrahim Banda dan Direktur RSUD Namrole guna memastikan mulai dari pintu masuk yang terpisah dari pasien umum, hingga kesiapan alat pelindung diri (APD), dan kesiapan ruangan Isolasi.

Dari keterangan Direktur RSUD, dr. Daud Sinaga kepada Bupati Bursel bahwa,  ruang isolasi yang ada sementara memenuhi syarat, terutama betul-betul terpisah dari pasien umum, mulai dari pintu masuknya yang sendiri, termasuk APD (Alat Pelindung Diri) sudah ada untuk melayani pasien. Kita akan benahi yang masih kurang lewat koordinasi dengan Tim TGPP, jelasnya.

Sementara itu,  kepada sejumlah media usai mengecek kesiapan fasilitas ruang isolasi dimaksud, Bupati Bursel yang didampingi Tim TGPP dan pihak RSUD, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini Pemda Bursel telah menyiapakan sebanyak 12 ruangan untuk mengantisipasi jika ada Pasien Dengan Pengawasan (PDP) atau terdeteksi Positif Covid-19 di daerah.

“Ada 12 ruang isolasi yang telah disiapkan Pemda Di RSUD Namrole, untuk menangani pasien tersebut” kata Bupati Bursel.

Bupati merincikan, dimana sudah ada 4 ruangan yang bisa digunakan saat ini, sementara 8 lainnya dalam tahap persiapan karena terkendala beberapa masalah teknis, dan sementara di periksa.

“Jika semua ruangan difungsikan, akan bisa menampung kurang lebih 50 tempat tidur untuk pasien,” sebut Bupati

Sebagai penutup, Bupati Bursel menghimbau kepada Masyarakat dan jajarannya untuk selalu waspada dengan wabah Virus ini. Lakukan pencegahan dini dengan pola hidup sehat seperti berolahraga dan jaga kebersihan. sebab mencegah lebih baik daripada mengobati.  (LM-02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *