by

KPU dan Bawaslu Pantau Kegiatan Coklit di Kecamatan Waesama, Bursel

Lensa Maluku,  РKPU dan Bawaslu pantau kegiatan Coklit di Kecamatan Waesama Kabupaten Buru Selatan (Bursel) Minggu, 19/7/2020.

Komisioner KPU Maluku Almudatsir Sangadji, Engelbertus Dumatubun, bersama Ketua dan Anggota KPU Buru Selatan (Bursel), Syarif Mahulaw, Ismudin Boy, James Tasane, Jainudin Soulisa, Sekretaris KPU Solaiman Loilatu serta Ketua Bawaslu Bursel Umar Alkatiri menyaksikan secara langsung pelaksanaan Coklit oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) di Kecamatan Waesama, Bursel.

Pemantauan oleh KPU dan Bawaslu itu di dampingi oleh PPK, PPS, Panwas dan PKD, guna memastikan proses Coklit data pemilih di Masyarakat sudah dilakukan dengan baik serta mematuhi protokol kesehatan ditengah pandemi Covid-19.

Selain itu, dalam proses Coklit pihak KPU dan Bawaslu memastikan setiap orang yang memiliki hak pilih merasa aman dan tidak khawatir dengan penyebaran Covid-19 saat didatangi Petugas PPDP untuk melakukan pemutahiran.

“Sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, coklit kali ini dilakukan dengan menggunakan APD lengkap, pakai masker, face shield, sarung tangan, maupun hand sanitizer sesuai protokol kesehatan,” jelas Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulaw.

Ketua KPU Bursel, Syarif Mahulaw menegaskan protokol kesehatan mencegah penularan Covid-19 terutama jaga jarak (physical dan social distancing) harus diperhatikan semua orang walapun Bursel masuk zona hijau.

Syarif juga menginstruksikan kepada PPDP untuk mengajak masyarakat untuk memastikan dirinya terdaftar sebagai pemilih di Pilkada Bursel 9 Desember 2020 nanti.

Sementara itu, Komisioner KPU Maluku Almudatsir Sangadji, Engelbertus Dumatubun selain melakukan monitoring  kegiatan coklit dilapangan, juga melakukan sosialiasi tentang Peraturan KPU (PKPU) Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pilkada dalam kondisi bencana nonalam Covid-19 di Bursel pada Senin, 20 Juli 2020, pukul 13.15 WIT berlangsung di gedung Serba Guna Namrole.

Selain itu juga KPU dan Bawaslu, memantau kondisi jalan dan aliran sungai dikecamatan Waesama guna memastikan aktivitas Panwas, PPK, PPS, PKD dan PPDP dipilkada 2020 berjalan dengan lancar, walaupun menggunakan rakit untuk melakukan pendataan di Desa – Desa saat sungai banjir.

Sementara dalam pantauan media ini, pelaksanaan kegiatan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) dengan menemui pemilih secara langsung atau door to door dirumah – rumah warga berjalan dengan lancar dengan tetap menjaga/memperhatikan protap kesehatan. (LM-02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *