by

Bupati Safitri Dorong Pengembangan Desa Mandiri dan Produktif Di Bursel

Lensa Maluku,- Bupati Buru Selatan (Bursel), Hj Safitri Malik Soulisa terus memotivasi dan memberikan dukungan bagi Kepala Desa dan Masyarakat dalam pengembangan desa mandiri dan produktif di Bursel.

“Kebijakan itu diperlukan guna pengembangan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Bursel,” kata Bupati dalam program 100 hari kerja di Kecamatan Namrole kemarin.

Safitri menyampaikan, melalui alokasi Dana Desa (ADD/DD) pengembangan Bumdes dan pemberdayaan Masyarakat harus terus dilakukan demi mewujudkan desa produktif.

Bagi Safitri seluruh potensi ekonomi yang dimiliki desa meliputi sumberdaya alam dan letak geografis dapat dikelolah dengan baik.

Misalnya pengembangan desa nelayan karena posisinya di pesisir laut maupun desa pertanian, desa perkebunan, desa peternakan, desa wisata maupun desa lainnya yang memiliki karakteristik dan potensi unggulan lainnya.

Pengembangan desa produktif diatas diharapkan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap pengentasan kemiskinan dan penanggulangan pengangguran di Masyarakat.

“Terbentuknya desa mandiri dan produktif melalui wirausaha-wirausaha dalam skala mikro di Desa, seperti home industri kreatif berbasis bahan lokal desa, diharapkan akan mendorong peningkatan pendapatan dan penyerapan tenaga kerja baru di pedesaan,” tandas Safitri.

Safitri menegaskan, Pemerintah daerah akan terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja Kepala Desa dan realiasi program pembangunan di tingkat desa. (LM-03)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *