by

Persiapan Pemilu 2024, KPU Bursel Gelar Rakor Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan

Lensa Maluku,- KPU Kabupaten Buru Selatan (Bursel) mengadakan Rapat Roordinasi (Rakor) terkait pemutakhiran data Pemilih Umum berkelanjutan Tahun 2021 sebagai persiapan Pemilu 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung diaula kantor KPU setempat pada Sabtu, 2/10/2021.

Ketua KPU, Syarif Mahulaw bersama komisoner KPU, Ismudin Boy, James Tasane, Jainudin Soulisa, Nurdin Soumena beserta Sekretaris KPU Bursel, Solaiman Loilatu memimpin jalannya kegiatan.

Rakor yang berlangsung sekitar 3 jam itu, menghadirkan undangan dari instansi terkait yakni, Bawaslu Bursel, Polsek Namrole, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, KesbangPol.

Selanjutnya Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024 masing – masing PAN, PPP, Nasdem, PKB, Golkar, Beringin Karya (Berkarya), PDIP, PKPI, PSI, Gerindra, Demokrat,Perindo, PBB, Hanura dan PKS).

Pada kesempatan itu, Ketua KPU, Syarif Mahulaw menyampaikan bahwa Rakor ini bertujuan untuk memperbaharui data pemilih guna mempermudah proses pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu di 2024 nantinya.

Syarif menyampaikan, untuk menetapkan daftar Pemilih yang akan digunakan dalam Pemilihan, KPU harus melakukan koordinasi dan menyelaraskan data dengan instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta partisipasi Parpol sebagai peserta Pemilu.

Selain itu, menurut Syarif pemutakhiran data menjadi bagian yang penting agar tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan menjadi meningkat.

“Meningkatnya partisipasi masyarakat dalam sebuah pemilihan tidak luput dari peran berbagai elemen untuk berpartisipasi aktif mengawal dan mengkroscek data pemilih di daerah,” tandas Mahulaw.

Sementara itu, Komisoner KPU, Nurdin A. Soumena menyampaikan bahwa sesuai hasil rekapitulasi pemutakhiran data pemilih berkelanjutan Triulan III periode Bulan Juni s/d September Tahun 2021, dimana jumlah Pemilih Bursel sebanyak 47.626 Pemilih.

Dengan rincian pemilih laki – laki sebanyak 23.923 pemilih dan pemilih perempuan berjumlah 23.703 pemilih yang tersebar di Enam Kecamatan Di Bursel sebagai berikut.

Pertama, Kecamatan Namrole, 11.348 Pemilih, untuk Laki -laki berjumlah 5.712 pemilih dan Perempuan 5644 pemilih.

Kedua, Kecamatan Waesama sebanyak 9.915 Pemilih, untuk Laki- Laki 4.966 pemilih dan Perempuan 4.949 pemilih.

Ketiga, Kecamatan Ambalau sebanyak 6.270 pemilih, untuk Laki- Laki 3.051 pemilih dan Perempuan 3.219 pemilih.

Keempat, Kecamatan Kepala Madan sebanyak 8043 pemilih, untuk Laki- Laki 4.109 pemilih dan Perempuan 3.934 Pemilih.

Kelima, Kecamatan Leksula sebanyak 9560, untuk Laki- laki 4.800 pemilih dan Perempuan 4.760 pemilih.

Kecamatan Fena – Fafan sebanyak 2.475 pemilih, Laki-laki sebanyak 1.278 dan Perempuan 2.475 pemilih.

“Pemutakhiran data pemilih menjadi suatu hal penting bagi terlaksananya kegiatan Pemilihan,” tutup Komisoner KPU, Nurdin A. Soumena.(LM-01).

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *