by

Kodim 1506/Namlea Gelar Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Ini Pesannya

Lensa Maluku,- Kodim 1506 Namlea gelar penyuluhan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air.

Kegiatan tersebut dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Non Fisik Karya Bakti TNI Satkowil Semester II TA 2021 berlangsung di SMKN-1 Buru Desa Waekerta Kec. Waeapo Kab. Buru,Rabu 08/12/2021)

Dalam sambutan Dandim 1506/Namlea yang disampaikan Pasiter Kapten Inf M. Haris Tumenggung bahwa, terkikisnya rasa nasionalisme di kalangan muda dikhawatirkan akan berdampak buruk kepada persatuan dan kesatuan bangsa. Padahal peranan pemuda sangat dibutuhkan untuk membangun bangsa.

Untuk itu perlu pendidikan dan pembinaan karakter bangsa untuk memajukan peradaban bangsa agar menjadi bangsa yang semakin terdepan dengan sumber daya manusia berilmu, berwawasan, dan berkarakter.

Karakter merupakan hal sangat esensial dalam berbangsa dan bernegara, karena hilangnya karakter akan menyebabkan hilangnya generasi penerus bangsa. Karakter harus dibangun dan dibentuk untuk menjadi bangsa yang bermartabat, sehingga menumbuhkan dan memperkuat jati diri bangsa. Menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan membentuk manusia dan masyarakat Indonesia yang berakhlak mulia.

Dalam sosialisasi dan pemberian materi tentang wawasan kebangsaan Pasiter Kapten Inf M. Haris Tumenggung menyampaikan bahwa wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Tujuan dan sasaran wawasan kebangsaan adalah mewujudkan Bangsa yang kuat, rukun, bersatu dan berbudaya,”jelasnya.

Yang dimaksud agar generasi muda dan warga masyarakat bisa mengenal Bangsa Indonesia lebih dekat lagi, dengan begitu diharapkan mampu menumbuhkan rasa cinta dan Nasionalisme yang lebih besar bagi NKRI.

Wawasan kebangsaan penting dilakukan guna menangkal adanya paham-paham radikalisme dan terorisme yang bisa saja masuk dalam kehidupan masyarakat serta mengancam kehidupan berbangsa dan bernegara.(***)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *