by

Bupati Bursel Tinjau Lokasi Banjir di Desa Waefusi

Lensa Maluku,- Bupati Buru Selatan (Bursel), Tagop S Soulissa meninjau langsung bencana banjir yang melanda Warga di Desa Waefusi, Kecamatan Namrole, Kabupaten Bursel, Propinsi Maluku akibat meluapnya sungai Waetina pada Kamis, (16/7/2020).

Pada kesempatan itu, Bupati Tagop menyampaikan bahwa pemerintah Daerah Bursel saat ini telah mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi, dimana kalau luapan air semakin tinggi, maka Pemda akan melakukan evakuasi masyarakat di desa Waefusi, tetapi karena masyarakat tidak mau evakuasi, karena air sudah semakin surut.

“Pemda juga sudah memberikan bantuan pangan, bantuan makan dan beras kepada masyarakat dan kita sudah membentuk Tim tanggap darurat untuk penanggulangan bencana di desa Waefusi.

Pihaknya telah bersama-sama dengan Polres Buru dan dari kodim serta brimob untuk melakukan penanganan di lapangan,” tutur Tagop.

Bupati menuturkan, Desa Waefusi ini merupakan desa yang daratannya sangat rendah dan sudah dari dulu desa tersebut merupakan daerah rawan banjir.

Kata Tagop, pemerintah Daerah telah meminta masyarakat di desa itu untuk direlokasi, tetapi mereka tidak mau karena berkaitan dengan persoalan adat istiadat di Desa tersebut.

Dijelaskan, warga telah tinggal di desa tersebut sejak puluhan tahun, dan desa itu pada tahun 2010 pernah terjadi banjir besar seperti ini.

Menurut Soulissa, pada saat dirinya menjadi Bupati periode pertama pada tahun 2011/ 2012, Pemda telah membangun tanggul di sungai tersebut, sehingga tidak lagi terjadi banjir di desa itu.

“Ini baru kembali terjadi banjir, karena memang curah hujan saat ini cukup tinggi dan kemudian hampir sama dengan siklus pada tahun 2010 lalu, jadi siklusnya 10 tahun baru terjadi lagi ” ungkapnya.

Banjir kali ini kata Bupati Tagop, membobol tanggul yang pernah dibuat pada tahun 2011. Tanggulnya jebol, akibatnya air meluap masuk ke permukiman Warga.

Turut dalam peninjauan itu Wakapolres P. Buru Kompol Bachri Hehanusa, Pasi Intel Kodim 1506/Namlea Kapten Inf Pati Wael, Pasi Ops Kodim 1506/Namlea Kapten Inf Husen Malagapi, Para Asisten Setda Bursel dan para pimpinan OPD setempat. (LM-02)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *