by

Dinkes Bursel Akan Sediakan Perawat dan Obat pada Pustu

-Berita, Daerah-13 views

Lensa Maluku,- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bursel telah siap memfasilitasi tenaga kesehatan maupun obat-obatan bagi Puskesmas Pembantu (Pustu) pada desa-desa di Kabupaten Bursel.

Kepala Dinkes Bursel, Ibrahim Banda menyampaikan bahwa, program kita ini, program kesehatan masyarakat. Jadi program ini lebih diarahkan untuk menggerakan masyarakat dalam pembangunan kesadaran masyarakat tentang kesehatan.

“Kita sudah beberapa kali melakukan pertemuan dengan pimpinan desa bersama beberapa instansi terkait dengan pemanfaat dana desa untuk kesehatan dan sekarang kan sudah ada pembangunan fisik berupa Pustu maupun Posyandu, tinggal kita support dengan tenaga dan obat,” Kata Kepala Dinkes Bursel, Ibrahim Banda, kepada Media ini di ruang kerjanya, Kemarin.

Menurutnya, Dinkes saat ini sangat bersyukur karena kehadiran Pustu maupun Posyandu sudah sangat membantu Dinas Kesehatan utuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat ditingkat bawa.

Menurut Banda, saat ini Pustu dan Posyandu sudah ada di Desa – Desa dan yang harus dibicarakan untuk melengkapinya adalah tenaga kesehatan dan ketersediaan obat di Pustu tersebut.

“Sekarang ini tinggal bagaimana kita mengisi tenaganya. Untuk tenaga ini, kita juga sementara membicarakan terkait bagaimana pemanfaatan dana desa untuk tenaga PTT yang dibiayai oleh dana desa. Begitu juga dengan tenaga ASN, kita akan berusaha untuk mengisi disitu,” Ujarnya.

Selain itu, terkait dengan ketersediaan obat, kata Banda, kebutuhan obat-obat di Pustu akan menjadi tanggung jawab dari Dinkes Kabupaten Bursel.

“Terkait obat, itu semua dibebankan kepada Dinas Kesehatan. Kita sudah hitung dan sediakan dari dana DAK untuk menunjang kegiatan kesehatan di desa-desa. Intinya akan kita bantu dengan fasilitas-fasilitas yang ada,” terangnya. (LM-01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *