by

Ispikani, Himtani dan Granat Gelar Aksi Bersih Pantai di Bursel.

Lensa Maluku – Tiga lembaga organisasi di Buru Selatan (Bursel) yakni Ikatan Sarjana Perikanan Indonesia (ISPIKANI), Himpunan Tani Nelayan Indonesia (HIMTANI) dan Gerakan Nasional Anti Narkotika (GRANAT) bergandengan tangan menggelar aksi bersih pantai di sekitar pesisir pantai Namrole, Bursel.

Kegiatan yang dilakukan oleh tiga Organisasi di Bursel ini, telah menjadi bagian dari Aksi Rencana Nasional untuk pengurangan sampah plastik yang masuk ke laut, kegiatan ini juga di lakukan serentak di seluruh Daerah di Wilayah indonesia, Minggu 18 Agustus 2019.

Ketua Granat Kabupaten Bursel, Jalil Haulusy mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat tentang menjaga lingkungan dari sampah. Terutama sampah plastik yang menurutnya banyak membahayakan ekosistem laut kita.

“Kegiatan yang dilakukan oleh tiga organiasi ini dalam rangka mengedukasi masyarakat akan pentingnya kebersihan pantai dari sampah,” ujar Haulusy.

Ketua Granat Bursel ini juga berharap kegiatan ini dapat menumbuhkan animo dan semangat masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut demi lestarinya sumber daya laut di buru selatan.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Himtani Bursel, Taufik Hidayat Tuanaya juga menuturkan, saat ini ekosisitem laut terus menghadapi ancaman sampah plastik hasil limba masyarakat yang di terus dibuang ke laut termasuk kita di Bursel.

“lewat gerakan aksi secara nasional dalam rangka pengurangan sampah plastik ke laut, harus terus di galakan sehinga laut kita terlihat bersih dan bebas dari sampah, ” Kata Tuanaya.

Menurut Tuanaya, Aksi ini bukan hanya pemerintah namun seluruh lapisan masyarakat sebagai gerakan sayang laut, sehingga ekosisitem laut kita bisa terpelihara dengan baik untuk generasi kita kedepannya.

Sementara itu, koordinator aksi, Sadli Sahady mengaku sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan bersih pantai yang dilakukan oleh teman teman DPC Granat, DPC Himtani dan DPC Ispikani Buru Selatan.

Sahady yang juga Sekretaris Bappeda Bursel ini mengungkapkan, Aksi seperti ini penting dilakukan agar animo dan semangat Masyarakat untuk menjaga kebersihan pantai dan laut dari sampah dapat terbentuk. “Lewat aksi ini juga kami harapkan pantai dan laut kita bisa lebih bersih, “Ungkap Sahady.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus, DPC Granat, DPC Himtani dan DPC Ispikani Bursel bersama Masyarakat sekitar di pesisir Kota Namrole. (LM-01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *