by

Jumlah ODP di Bursel Bertambah Menjadi 7 Orang

Lensa Maluku,- Jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Buru Selatan (Bursel) hingga hari ini terus bertambah menjadi 7 orang.

Jumlah ODP ini , Kata Juru bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19, Ibarahim Banda,  setelah merilis data terbaru lewat Tim GTPP dan pihak RSUD Namrole pada Kamis 2 April 2020.

Kadis Kesehatan Bursel ini mengaku sesuai data terakhir, terdapat penambahan Dua orang ODP sehingga total ODP saat ini menjadi 7 orang. Dari data sebelumnya sebanyak 5 (Lima) ODP.

Menurut Banda, Dua warga berstatus ODP ini masing – masing berinisial  G.K (52 Tahun) beralamat di Desa Oki Baru, yang bersangkutan baru datang dari Surabaya – Namrole dan mengalami gejala Flu.

ODP selanjutnya, berinisial, S.B (43 Tahun) beralamat di Desa Simi, Kecamatan Waesama, Bursel.  Diketahui yang bersangkutan perjalannya cukup panjang.

Dimana sesuai data yang diambil, S.B pada 26 Januari 2020 berada di German, kemudian 18 Februari ke Turki, 22 Maret ke Jepang selanjutnya 26 Maret ke Qatar, 29 Maret ke Jakarta, 30 Maret ke Makasar dan Ambon, pada 1 April menuju Namrole dengan KM Intim Teratai.

ODP ini mengalami gejala yakni Pilek, Flu dan Batuk sementara kondisi  umumnya baik.

Namun kata Banda, setiap orang yang datang dari luar daerah apalagi yang masuk zona merah penyebaran virus corona (Covid-19) dan mengalami gejala, otomatis menjadi ODP.

Adapun langkah yang diambil oleh Tim dan pihak RSUD Namrole, menurut Banda, mereka akan dipantau selama 14 hari untuk melihat perkembangan kesehatannya.

Para ODP ini juga  menjalani karantina/Isolasi mandiri dirumah masing – masing dan dalam pantauan.

Selain itu, perkembangan kesehatan 5 (Lima) ODP lainnya  berinisial A (20 Tahun) alamat di Desa Labuang, S.H alamat di Desa Waenono, Selanjutnya J (47 Tahun) alamat di Desa Oki Baru, J. H (28 Tahun) alamat di Desa Elfule setelah di karantina/diisolasi mandiri di rumah, perlahan -lahan mulai membaik setelah dicek dikesehatannya, namun akan menunggu sampai dengan genap 14 hari.

Sementara satu orang ODP lainnya yaitu, H.W (22 Tahun) alamat di Desa Labuang masih ada sedikit  gejala Flu, batuk dan demam namun perlahan – lahan mulai sembuh.

Pada kesempatan ini, Banda menghimbau kepada Masyarakat di Bursel selalu  Waspada dengan wabah Virus ini. Lakukan pencegahan dini dengan pola hidup sehat. (LM -01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *