by

Kepala BNBP, Doni Munardo Sumbang Ribuan Bibit Pohon Usai Upacara HUT Ke – 444 Kota Ambon.

Lensa Maluku – Doni Munardo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) memberikan bantuan berupa bibit tanaman pepohonan kepada Masyarakat di Kota Ambon.

Bantuan yang di berikan dalam rangka melestarikan lingkungan hidup melalui kegiatan penghijauan, diantaranya dengan mendorong masyarakat menanam pohon.

Dimana bantuan diserahkan secara simbolik kepada lima negeri dan desa/kelurahan sebagai perwakilan dari lima kecamatan di Kota Ambon dalam upacara HUT ke-444 Kota Ambon yang berlangsung di lapangan merdeka Kota Ambon, Sabtu 7 September 2019.

Bantuan bibit pohon itu diberikan kepada Masyarakat untuk ditanam pada lokasi-lokasi tertentu yang dianggap berpotensi terjadinya longsor agar masyarakat yang mendiami tempat-tempat tersebut terhindar dari bahaya longsor.

Kepada wartawan, Doni mengaku kegiatan tersebut sebelumnya sudah dikerjakan oleh Kodam XVI/Pattimura Tahun 2017 lalu dengan jumlah sekitar 18.000 bibit pohon yang terdistribusi kepada masyarakat.

Bantuan pohon yang diberikan sebanyak 1 juta anakan sejak tahun 2017, sampai saat ini sudah diserahkan 855.591 ke masyarakat secara gratis, yang terdiri dari pohon keras 29.297 anakan, pohon buah 42.806 pohon rempah 119.52 anakan.

Sementara bibit yang diserahkan itu untuk ditanam di kawasan IAIN yang beberapa waktu lalu mengalami longsor dan mengakibatkan sejumlah bangunan kampus rusak. Kemudian juga untuk beberapa desa yang juga mrmbutuhkan bibit pohon.

“Disamping tanaman rempah-rempah seperti cengkih, pala dan lainnya, juga ada beberapa jenis tanaman langka seperti pohon palaka. Kalau jenis pohon ini diperbanyak, sangat mungkin akan mengurangi potensi longsor pada daerah-daerah tertentu,” kata Doni.

Kata dia, tanaman yang susah ditemukan dan nyaris punah di dunia, yakni tanaman Torem. Tanaman ini hanya ada di pulau Yamdena Saumlaki Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KK) Maluku dan di pulau Bismak Papua Nugini.

“Pohon ini harus dilindungi agar makin banyak daerah-daerah memiliki tanaman langka itu,” tandasnya.(***)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *