by

Kohati, HMI, T2TP2A, Polres Dan Bupati Bursel Gelar Diskusi Kekerasan Seksual Anak Dan Perempuan

Korps Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Kohati Cabang Namle Periode 2022- 2023 Dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Peremuan Dan Anak (T2TP2A ) Kabupaten Buru Bersama Bupati Kabupaten Buru Selatan (Burse), Hj Saftri Malik Soulisa silaturahmi di momen Safari Ramadhan 1443 H.

Momentum ini diisi dengan diskusi dengan sorotan tema” Upaya Bersama Melindungi Serta Mencegah Demi Terciptanya Generasi Sehat Tampa Kekerasan”, agenda ini berlangsung di Café Galaksi pusat kota Namrole Bursel, Rabu 20/4/22.

Sebagai pemateri dalam diskusi ini masing – masing, Bupati Bursel,Hj Safitri Malik Soulisa, Ketua P2 TP2A Kabupaten Buru, Ny Hasna Rumagia, Jaksa Kasidatun, Achmad dan Kapolsek Namrole, AKP Obet Nego Reamli.

Bupati Bursel, Hj Safitri Malik saat membawa materi menuturkan, Kasus pelecehan dan seksual terhadap kaum perempuan dewasa ini lagi marak di Indonesia, terutama di Provinsi Maluku termasuk di Bursel. Olehnya itu sudah saatnya terbentuk Organisasi perempuan, agar mampu berbicara seputar persoalan di maksud.

Olehnya itu, Kata Safitri kedepan diupayakan segara terbentuk T2TP2A di Kabupaten Bursel.

Hal ini dilakukan agar wadah bisa bersama – bersama dengan pemerintah daerah dan semua komponen di Bursel
bisa menimalisir kasus pelecehan seksual terhadap anak dan perempuan di daerah setempat.

Jaksa Kasidatun, Achmad Mewakili Kajari Negeri Buru Dalam menyampaikan Materi seputar Undang- Undang perlindungan anak dan kaum perempuan dan sanksi pidananya.

Kapolsek Namrole, AKP Obet Nego Reamli, S. Sos mewakili Kapolres Pulau Buru menyampaikan sejumlah kasus seksual di Bursel cukup menonjol. Pada tahun 2021 ada 6 Kasus sedang, Tahun 2022 ini 2 kasus.

Kasus ini terjadi akibat anak- anak maupun orang dewasa sering mengkonsumsi miras.

Kata Kapolsek, Pemda setempat belum membuat Perda terkait dengan barang haram tersebut, olehnya itu pihaknya mau ambil langkah tegas dan bertindak terhadap yang bersangkutan tidak didukung dengan Perda, olehnya itu Pemda maupun DPRD dapat melahirkan Perda terkit dengan Miras di Kabupaten Bursel” Usul Kapolsek Namrole.

Selanjutnya Ketua P2TP2A Kabupaten Buru, Ny Hasna Rumagia mengatakan, ucapan terimah kasih kepada Ibu Bupati Bursel yang telah mengapresiasi dan dukungan terhadap P2TP2A untuk bersama – bersama di Bursel untuk berdiskusi seputar kekerasan terhadap anak dan merespon untuk terbentuknya P2TP2A di Bursel.(LM-03)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *