by

Moderasi Beragama dan Kebersamaan Umat di Bursel.

Namrole, Lensa Maluku – Kepala Kementrian Agama Kabupaten Buru Selatan (Bursel), Usman Bahta mengatakan seluruh jajarannya berkomitmen menjaga kerukunan umat beragama Indonesia

Penyampaian itu saat memberikan sambutan pada kegiatan moderasi Beragama dan Kebersamaan Umat di Bursel. kegiatan dibuka oleh Bupati Bursel berlangsung di Aula Kantor Bupati Bursel, Sabtu 13 April 2019.

“Tujuan Kegiatan ini dalam rangka membangun masyarakat yang Religius, Rukun, Damai, Sejahtera dan bersatu “tutur Bahta.

Bahta disela – sela sambutannya mengungkapkan Indonesia sebagai negara yang majemuk dari segi suku bangsa, budaya, dan agama memerlukan strategi untuk menciptakan dan memelihara suasana kebebasan beragama dan kerukunan umat beragama.

Menurut Bahta penguatan toleransi yang aktif atau moderasi agama adalah sebagai sebuah strategi yang tepat dalam menciptakan kerukunan umat beragama di Indonesia.

iya mengatakan tujuan moderasi beragama, harus dimaknai secara proporsional sebagai sikap ditengah, moderat, washotiyah, dalam tugas pelayanan keumatan, kemasyarakatan dan keberbangsaan.

“olehnya itu kepada para tokoh agama utk senantiasa menjadikan rumah ibadah, mesjid, gereja sebagai tempat yg sakral dalam fungsinya sebagai pusat dakwah untuk menyampaikan pesan2 suci Tuhan kepada umatnya, tempat membimbing umat ke jalan Tuhan.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Tokoh lintas agama, Ormas, para Imam, Pendeta, Majelis Taklim, Pemuda dan OKP se Kab. Bursel.

Kegiatan itu menghadirkan Empat pemateri yang pertama dari Pemda Bursel yang di wakili oleh Sekda Bursel, A.M Laitupa dengan dgn judul Peran Pemkab pembinaan Ormas, Kedua Kemenag Bursel, dengan judul Peran FKUB dlm dinamika Kebangsaan dan Keumatan di Bursel, Ketiga Kapolres P. Buru dgn judul Peran Kamtibmas, Keempat FKUB Bursel dgn judul Indahnya Kerukunan Beragama.

Kegiatan ini juga di lakukan penandatanganan Fakta Kerjasama oleh Pemda Bursel, Kemenag Bursel, TNI/POLRI, FKUB, Ormas, dng Pimpinan Majelis Agama, MUI, Klasis, Paroki, dll.

Kegiatan yg dilaksanakan oleh Kementerian Agama Kabupaten Bursel itu bekerja sama dgn Pemeritah daerah Bursel dan FKUB setempat

Dengan tujuan mengawal berbagai agenda Kenegaraan, Keagamaan dan Keumatan di Bursel, agar menjadikan Kab. Bursel aman, kondusif menjelang momen seperti Pileg dan Pilpres 2019. (LM-01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *