by

Rosalina Pesilette Asal Namlea di Puncak Cartensz Pyramid.

Lensa Maluku – Kanal Rangers, Rosna Pesilette, dari kota minyak kayu putih, Namlea, Kabupaten Buru, mencatatkan namanya sebagai pendaki perempuan pertama asal Maluku yang menjadi Summiters Indonesia.

Kanal Rangers adalah sebutan bagi para pendaki dari organisasi lingkungan dan pegiat alam bebas, Perhimpunan KANAL Ambon.

Predikat Summiters Indonesia dia raih setelah sukses mencapai puncak tertinggi Indonesia, Cartensz Pyramid (4.884 mdpl) di Papua. Ibu dua anak yang biasa disapa Ochy ini berhasil mencapai puncak Cartensz pada hari Sabtu, 14 September 2019, pukul 11.30 waktu setempat.

Pencapaian Rosna di puncak Cartensz mengukuhkan dirinya sebagai salah satu summiters Indonesia atau orang yang berhasil mendaki tujuh puncak tinggi (seven summits) di Indonesia, dan perempuan Maluku dan Indonesia Timur pertama yang menjadi summiters Indonesia.

Sebelumnya, tiga senior Ochy di Perhimpunan KANAL Ambon telah lebih dulu mencatatkan nama mereka sebagai summiters Indonesia yakni Handoko, Bayu Djatmiko dan Budi Herman. Dalam pendakian ke Cartensz, dia didampingi seniornya Handoko dan Budi.

Sebelum ke Cartensz, Ochi terlebih dahulu sukses menyelesaikan misi pendakian ke enam puncak tinggi lainnya di Indonesia, yakni Kerinci tertinggi di Sumatera, Semeru tertinggi di Jawa, Bukit Raya tertinggi di Kalimantan, Latimojong tertinggi di Sulawesi, Rinjani tertinggi di Nusa Tenggara, dan Binaya tertinggi di Kepulauan Maluku. (AT)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *