by

SLB Negeri Namrole Gelar Safari Ramdahan 1443 H dan Buka Bersama

Lensa Maluku,- Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) menggelar Safari Ramadhan 1443 Hijiriah sekaligus Buka Puasa Bersama, Senin (25/4/2022).

Momen yang berlangsung di Campus SLB Jalan Lapangan Terbang Namrole dilakukan bersama Plt Kepala Cabang Dinas Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus, Ny. Corneli Gerson Eliaser Selsily.

Turut hadir juga, pimpinan OPD, TNI/Polri, Humas dan Protokoler Pemda, Tokoh Agama, Adat, tokoh Pemuda dan masyarakat, para orang tua siswa bersama Dewan guru dan sejumlah undangan lainnya.

Sementara siraman rohani/kultum dibawakan, Al Ustaz Ilham Marasahole.

SLB Negeri Namrole didirikan pada tahun 2010 dan mulai beroperasi pada Juni 2012 pada masa kepemimpinan mantan Bupati Bursel, DR Hi. Tagop Sudarsono Soulisa, SH, MH.

Kini sekolah ini sudah memiliki 60 siswa dari tiga kecamatan yaitu Namrole, Waesama dan Leksula.

“SLB ini merupakan sekolah yang diperuntuhkan bagi anak- anak berkebutuhan khusus, agar bisa mendapat layanan dasar berupa akses pendidikan dengan jenis yang berbeda- beda,” demikian sampaikan Plt Kepsek SLB Namrole, Rahma Mamang, S.PdI.

Menurutnya, ruang lingkup SLB berbagi atas Sekolah Dasar Luar Biasa (SLDB)- SMPLB dan SMALB dan selanjutnya, dengan masing- masing kategori A yaitu, peruntukkan bagi anak- anak memiliki kekurangan dalam indra penglihatan (Tunanetra).

Sementara kategori B, diperntuhkan bagi anak- anak yang memiliki kekurangan dalam indra pendengar (Tunarungu).
Kategori C diperuntuhkkan bagi anak- anak yang memiliki intelegensi dibawah rata- rata serta tidak memiliki kemampuan adaptasi (Tunagrahita).

Sedangkan katagori D lanjut Kepsek, diperuntuhkan bagi anak- anak yang memiliki kekurangan dalam anggota tubuh (Tunadaksa).
Dan terakhir adalah Autis, yaitu diperuntuhkan bagi anak- anak yang mengalami gangguan pada sistem sarafnya yang dapat mempengaruhi perilakunya sehari- hari.

Untuk pelaksanaan ujian SLB tingkat SMA, sudah berlangsung pada 21 – 24 Maret 2022.

Sementara untuk tingkat SMP juga sudah berlangsung pada 19 – 22 April 2022.

“Sedangkan untuk tingkat SD direncanakan ujian berlangsung 17 – 19 Mei tahun 2022,” sambung Kepsek.

SLB Namrole, lanjut dia, direncanakan untuk 3 Kecamatan lainnya di Kabupaten Bursel yang belum terdaftar di sekolah ini.

“Kedepan nanti, pihak sekolah akan melakukan regrutmen siswa lewat sosialisasi melalui rencana program kerja penjaringan, sesuai kebutuhan di 3 Kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Ambalau, Fenafafan dan Kecamatan Kapala Madan, sehingga Tunanetra yang berada di Kabupaten Buru Selatan layak memiliki pendidikan,” pungkasnya.(LM-03)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *