by

Syahroel Pawa – Alfons Lesnusa Optimis Kantongi Rekomendasi PDIP pada Pilkada Bursel 2020.

Lensa Maluku – Pasangan Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan (Bursel), Ir Sahroel A. E Pawa – Alfons Lesnusa melakukan pendaftaran di Sekretariat Tim Penjaringan PDI Perjuangan yang berada di Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole, Jumat (13/9) sore.

Pawa saat mendatangai Sekretariat PDI Perjuangan di Desa Kamlanglale, Kecamatan Namrole menggunakan mobil Avansa bernomor polisi DE 472 D dan didampingi sejumlah Tokoh Adat dan Tokoh Agama serta Tokoh ?Masyarakat Kabupaten Bursel

Tiba di Sekretariat Tim Penjaringan DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel, Sahroel A. E Pawa dan Timnya disambut oleh Ketua Tim Penjaringan Yohan Lesnussa, Sekretaris Tim Pejaringan Udin Ihsan, Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bursel Ahmad Umasangadji, serta sejumlah fungsionaris DPC PDI Perjuangan maupun anggota Tim Penjaringan lainnya.

Ketua Tim Penjaringan, Yohan Lesnussa ketika menerima berkas Pasangan Bakal Calon dan langsung memeriksanya satu persatu dan di nyatakan lengkap sesuai persyaratan.

Lesnussa pun menjelaskan tahapan penjaringan yang sementara dilakukan pihaknya sesuai jadwal yang dikeluarkan oleh DPC PDI Perjuangan, yakni tanggal 3-13 September (Waktu Pendaftaran dan Pengembalian Formulir), tanggal 15-17 September 2019 (Waktu Verifikasi dan Validasi Berkas), tanggal 18-19 September 2019 (Rapat DPC untuk Pengusulan), tanggal 20-21 September 2019 (Rapat DPD untuk Verifikasi Berkas), tanggal 22 September 2019 (Penyapaian Berkas ke DPP Partai).

Disamping itu, Lesnussa menjelaskan, bahwa rekomendasi partai akan diberikan kepada kandidat yang elektabilitasnya tinggi sesuai dengan hasil survey.

“PDI Perjuangan selanjutnya akan melakukan survey dan tentunya kandidat yang memiliki tingkat pengenalan di masyarakat yang lebih tinggilah yang nantinya akan direkomendasikan oleh partai,” ujarnya.

Ia juga membeberkan bahwa, Bakal Calon Bupati Bursel Syahroel Pawa adalah kandidat yang terakhir mendaftar di PDI Perjuangan.

“Untuk kandidat yang lain sesuai hasil konfimasi tidak mengembalikan formulir lagi dan Pak Pawa adalah Calon Bupati dan Pa Alfons Lesnusa, Balon Wakil Bupati terakhir yang mendaftar di PDI perjuangan,” tambahnya.

Sementara Ketua DPC PDI Perjuangan Ahmad Umasangaji pada kesempatan itu mejelaskan bahwa bahwa ada isu-isu yang tak bisa dipertanggungjawabkan dan telah berkembang di masyarakat bahwa seakan-akan rekomendasi PDI Perjuangan sudah ada yang punya.

Namun, sesungguhnya rekomendasi partai diberikan kepada kandidat yang benar-benar memiliki tingkat elektabilitas tinggi dan sampai saat ini belum ada yang memiliki karena pentahapan survey belum dilakukan.

Sebelum menyerahkan berkas dan dana Gotong Royong, Pawa meminta maaf karena pasanganya bakal Calon Wakil Bupati, Alfons Lesnussa tidak sempat bersama-sama dengannya untuk melakukan pendaftaran.

“Rencana semula bersama pasangan saya Pak Alfons Lesnussa, tetapi berhubung sampai tadi pagi saat dikonfirmasi bahwa beliau sedang berada diluar daerah jadi saya yang mewakili pasangan ini untuk melakukan pendaftaran, “Ucap Pawa.

Setelah menyerahkan, berkas dan dana gotong royong Bakal calon Bupati dan Bakal calon Wakil Bupati, Pawa kemudian meninggalkan Sekretariat DPC PDI perjuangan tepat pukul 15.20 WIT dan mengajak wartawan bertandang kerumahnya untuk menggelar Konferensi Pers.

Pawa di kediamannya, mengatakan bahwa dirinya telah siap berpasangan dengan Alfosn Lesnussa dan akan bertanding dengan jalur rekomendasi partai ataupun jalur independen.

Mantan Sekda Bursel ini mengaku optimis ketika di percaya mengendarai PDI-Perjuangan untuk bertarung di Pilkada Bursel 23 September 2020 nanti.

“Proses pendaftaran hari ini kami berharap akan mengantongi rekomendasi PDI Perjuangan, tentunya lewat hasil survey yang di lakukan oleh Parpol, “Ungkapnya.

Sementara ini Kata Pawa, Beliau dan Alfons baru mendaftar di Dua partai yang telah membuka pendaftaran yakni Perindo dan PDI Perjuangan.

Pawa yang juga Ketua Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Bursel, merespon akan mendaftar di semua Parpol untuk memperoleh rekomendasi sebagai kendaraan politik di 2020 nantinya.

Sementara itu Tercatat Bakal Calon yang telah mendaftar, kata Lesnussa yakni Safitri Malik Soulisa selaku Bakal Calon Bupati dan Julianus Serleky Balon Wakil Bupati yang telah mengembalikan formulir pendaftaran di Tim Penjaringan secarah terpisah pada Rabu (11/9).

Sedangkan, pada kamis 12/09, Balon Bupati yang mengembalikan berkas yakni Muhammad Mukadar, disusul A. Rahman Soulisa, selanjutnya, pasangan Bahtiar Lagalep – Sami Latbual, serta disusul Balon Bupati, Abdul Mutalib Laitupa Kepala BKD Aktif.

Informasi yang diperoleh dari Ketua Pansel, Johan Lesnussa, ada 10 bakal calon Bupati yang telah mengambil berkas dari Kantor PDIP Bursel, namun sampai penutupan baru sekian Balon yang mengembalikan berkas. (LM -01)

BACA JUGA
loading...

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *